"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."
- Pramoedya Ananta Toer

Mengatasi CPU Hidup Namun Monitor Mati dan Tidak Ada Bunyi Beep

pak-hari blog tidak beep monitor mati

Itulah permasalan yang pernah saya alami ketika memperbaiki komputer CPU Hidup Namun Monitor Mati dan Tidak Ada Bunyi Beep. Banyak indikasi bahwa permasahan seperti ini terdapat pada :

1. RAM
2. Motherboard
Jadi beginilah jalan penyelesaiannya :

CPU hidup tapi kok gak nampil di monitor?
Kabel VGA pun masih berfungsi dengan baik !
Kemudian saya cek ternyata tidak terdengar suara beep pada CPU,  ada kemungkinan pada RAM saya..setelah itu saya bongkar CPU lalu membersihan kedua RAM dengan penghapus yang kebetulan dual RAM,  selesai membersihkannya saya coba hidupkan kembali namun tidak juga terdengar suara beep. Setelah itu saya browsing sana sini dan sempat menanyakannya di sebuah forum di internet banyak yang berkomentar permasalahan terjadi di mobo, seketika saya keget apabila harus mengganti mobo nya. Ada pun cara EKSTREM memperbaiki mobo yaitu dengan mencuci mobo dengan detergen lalu menjemurnya dibawah terik matahari hingga benar-benar kering namun saya belum sampai tahap ini. Saya masih ditahap RAM, dimana coba saya cek dengan melepas kedua RAM lalu hidupkan CPU.. Apabila terdengar beep berkali-kali pertanda mobo masih berfungsi. Ketika saya hidupkan ternyata terdengar suara beep berkali-kali pertanda mobo saya masih sehat. Saya pun mencoba solusi lain yaitu karena kebetulan RAM pada PC saya Dual RAM maka saya beranggapan bahwa mungkin ada salah satu slot ataupun ram pada pc saya yg tidak berfungsi, saya pun berinisiatif melepas salah satu ram dan ternyatata setelah saya tes hidupkan terdengar suara beep sekali pertanda komputer kembali normal. Apabila punya pembaca cuma ada 1 ram coba pindah ram ke slot kedua tapi terlebih dahulu bersihkan ram dengan penghapus pada bagian kuningan.

Demikian postingan saya pada hari ini semoga bermanfaat bagi pembaca dan sahabat blogger...




Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonymous
admin
April 4, 2022 at 4:08 AM ×

Mengatasi Cpu Hidup Namun Monitor Mati Dan Tidak Ada Bunyi Beep ~ Pak-Hari Blog >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Mengatasi Cpu Hidup Namun Monitor Mati Dan Tidak Ada Bunyi Beep ~ Pak-Hari Blog >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Mengatasi Cpu Hidup Namun Monitor Mati Dan Tidak Ada Bunyi Beep ~ Pak-Hari Blog >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK pq

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar